Makin Canggih, SMAN 1 Kedungpring Gunakan Presensi Wajah Untuk Dewan Guru dan Karyawan -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Makin Canggih, SMAN 1 Kedungpring Gunakan Presensi Wajah Untuk Dewan Guru dan Karyawan

Monday, March 8, 2021

Gambar : Teknologi Presensi Wajah SMAN 1 Kedungpring, Kabupaten Lamongan


Indikatoralor.com - Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 1 Kedungpring semakin canggih dan disiplin Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di tengah masa pandemi. Selasa, (09/03/2020)


Kecanggihan sistem dan manajemen sekolah favorit yang terletak di Kecamatan Kedungpring, Kabupaten Lamongan ini terpantau langsung oleh awak media indikatoralor.com pada senin, (08/03/2020) pukul 14.55 WIB.


Dalam pantauan tim media di lapangan, Sekolah ini telah selangkah lebih maju dari sekolah - sekolah pada umumnya di Kabupaten Lamongan dalam penerapan presensi kehadiran dewan guru. 


Dalam pantauan langsung ini tim menemukan sebuah sistem baru yang digunakan oleh SMAN 1 Kedungpring yakni menggunakan presensi wajah bagi seluruh dewan guru dan jajarannya.


Menanggapi hal ini, Kepala Sekolah SMAN 1 Kedungpring Anang Dwi Bagus langsung angkat bicara. Sosok Kepala Sekolah yang dikenal disiplin dan tegas ini ketika di wawancarai oleh tim media menyampaikan bahwa penggunaan sistem presensi wajah ini merupakan sistem perdana yang hanya ditemukan di SMAN 1 Kedungpring dan adanya hal ini adalah upaya pihak sekolah untuk mengsiasati kebiasaan buruk beberapa guru yang sering memanipulasi presensi.


"SMAN 1 Kedungpring saat ini selalu update terhadap perkembangan teknologi. Ini adalah presensi guru berbasis gambar mas, karena kalau aplikasi finger print ya bisa dititipkan," kata Anang.


Kepala SMAN 1 Kedungpring (Drs.Anang Dwi Bagus) sedang memperagakan cara penggunaan Sistem Presensi Wajah


"Kalau presensinya menggunakan wajah ya pasti tidak ada yang bisa memanipulasi. Presensi digital ini selain dapat mengukur suhu tubuh, juga dapat mendeteksi waktu kapan penggunanya melakukan presensi wajah  Selain itu presensi ini tidak akan memvalidasi lembaran foto artinya bahwa dengan menggunakan sistem ini saya dapat mengawasi, memantau  serta memberi sangsi ataupun reward terhadap kehadiran Bapak dan Ibu Guru di SMAN 1 Kedungpring," lanjut Kepala Sekolah SMAN 1 Kedungpring ini.


Anang juga menambahkan bawah sistem pendidikan yang di pimpin oleh dirinya saat ini mengedepankan kedisiplinan dan tidak segan - segan menindak siapa saja yang tidak patuh terhadap sistem yang telah ditetapkan di SMAN 1 Kedungpring.


"Dalam manajemen SMAN 1 Kedungpring sangat tertib dan jika ada Dewan Guru maupun siswa yang tidak tertib akan ketetapan pihak sekolah maka kami tetap sangsi sesuai ketentuan yang berlaku," kata Anang di akhir wawancara. (*Tim)