Kepala Bappelitbang; "Pemkab Akan Bangun Dua Ruas Jalan di Pantar Timur Tahun ini" -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Kepala Bappelitbang; "Pemkab Akan Bangun Dua Ruas Jalan di Pantar Timur Tahun ini"

Wednesday, February 24, 2021

 

Foto: Agenda Musrembang Kabupaten Alor Tingkat Kecamatan Pantar Timur (Doc. Awaluddin Ilyas Ambao)

Indikatoralor.com - Pada Tahun 2021 ini terdapat Dua buah ruas jalan di Kecamatan Pantar Timur yakni Jalan Kabupaten di  Bakalang - Abangiwang yang melintasi desa Ombay, Mawar dan Bungabali dan ruas Jalan Desa strategis Nule - Lekom di kabarkan akan ditingkatkan kualitasnya dengan kisaran anggaran masing - masing sekitar 1 Milyar Rupiah. Rabu, (24/02/2020)


Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Bappelitbang Kabupaten Alor, Obeth Bolang, SH pada kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten di Kecamatan Pantar Timur, Rabu (24/02). 


"Khusus untuk ruas jalan Nule - Lekom pelaksanaannya bekerjasama dengan Kodim 1622 Alor melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD)," ungkapnya.


Kepala Bappelitbang Kabupaten Alor dalam kesempatan ini juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Alor berkomitmen untuk menyelesaikan ruas jalan dari Bakalang hingga ke Pantar Tengah yang merupakan bagian dari rencana ruas jalan lingkar pantar.


"Pemerintah Kabupaten Alor sudah komitmen untuk menyelesaikan ruas jalan dari Bakalang hingga ke Pantar tengah sebagai bagian dari missi pembangunan ruas jalan raya lingkar pantar yakni dari Baranusa - Kabir - Pandai - Tuabang - Bakalang - Abangiwang - Nuhawala - Kakamauta di Pantar Tengah," terangnya.


Obeth juga menyampaikan bahwa untuk jalan desa strategis akan dilanjutkan hingga Kabir sehingga menjadi ruas Kabir - Kaera - Lekom - Nuhawala (Nulle) sebagai pelancar akses perekonomian masyarakat. 


"Jadi, ruas jalan Kabir - Kaera - Lekom - Nuhawala (Nulle) ini dimaksudkan sebagai jalur transportasi menghubungkan kantong - kantong produksi masyarakat dengan pasar sehingga berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Pantar secara keseluruhan," ungkap Kepala Bappeda Kabupaten Alor ini.


Selain pembangunan jalan, Pemerintah Kabupaten Alor juga merencanakan untuk membangun Puskesmas Tamalabang pada tahun depan yakni 2022. Puskesmas Tamalabang merupakan salah satu puskesmas yang belum ditingkatkan sesuai standar Kementerian Kesehatan.


“Kendalanya adalah Masalah Tanah, tolong Kepala Desa Kaleb dan Nulle membantu menyelesaikannya. Sementara untuk tahun ini Puskesmas Mebung dan Alor Kecil yang dikerjakan”, pungkas sosok yang pernah menjabat sebagai Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Alor ini.


Kepala Bappelitbang Kabupaten Alor di akhir penyampaiannya juga mengatakan bahwa tidak hanya pembangunan jalan yang dikerjakan di Pantar Timur, tapi juga terdapat beberapa kegiatan lain yang selain merupakan hasil perencanaan partisipatif seperti ini tapi menjadi bagian dari pokok-pokok pikiran Anggota DPRD.


"Untuk wilayah pantar Timur akan ada beberapa program pembangunan yang dilaksanakan dengan dana POKIR diantaranya adalah peningkatan kualitas rumah tidak layak huni, sumur bor, pembangunan jaringan perpipaan dan pembangunan tanki septik untuk limbah masyarakat. Pokok-pokok pikiran tersebut masuk dalam APBD dan akan dilaksanakan oleh perangkat daerah sesuai kewenangannya," tutur Obeth di akhir penyampaiannya. (*Tim)