Pasca Pemasangan Wifi Desa, Dulolong Siap Melaju Menuju Desa Digital -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Pasca Pemasangan Wifi Desa, Dulolong Siap Melaju Menuju Desa Digital

Wednesday, December 2, 2020

 

Foto: Kades Dulolong (Muhammad Palae) dan Sekertaris Desa Dulolong (Nursyawal Tukang)

Indikatoralor.com - Pemerintah Desa Dulolong telah mempersiapkan diri menuju Desa Digital. Rabu (02/12/2020)


Kabar ini disampaikan langsung oleh Kepala Desa Dulolong Muhammad Palae ketika dijumpai awak media diruang kerjanya pada Rabu 02, Desember, 2020 pukul 09.15 WITA.


Kades Dulolong ini kepada awak media menyampaikan bahwa dalam menyongsong Pelayanan Desa berbasis Digital, Desa Dulolong saat ini telah memiliki Jaringan Internet Desa.


"Sekarang ketersediaan akses Internet di Desa Dulolong atau pelayanan Wifi gratis Desa sudah tersedia dan terbuka untuk umum,"kata Muhammad Palae.


Menurut Muahmmad Palae adanya program pengadaan wifi yang merupakan bantuan dari Dinas Kominfo Kabupaten Alor ini merupakan upaya penunjangan kinerja pemerintah Desa dalam pelayanan masyarakat di Desa Dulolong.


"Tujuan fasilitas Wifi ini adalah bentuk ikhtiar pemerintah Desa Dulolong dalam rangka peningkatan pelayanan dan mempermudah akses kegiatan dalam rangka mempercepat pelayanan desa. Pelayanan Wifi Desa ini terbuka untuk seluruh masyarakat dan memang sengaja kami biarkan terbuka buat umum (tanpa password login)," katanya.


Kepala Desa Dua Periode ini kepada pewarta juga sempat menyampaikan bahwa setelah pengadaan Wifi Desa, pihaknya akan mengupayakan agar segera dapat mempersiapkan website desa serta pelayanan pengurusan administrasi warga di Desa Dulolong.


"Wifi sudah mulai difungsikan, tinggal sebentar lagi kita akan pesan website dan mempersiapkan pelayanan pengurusan Administrasi pelayanan Desa berbasis digital," kata Mat Palae di akhir wawacara.


Senada dengan Muhammad Palae, Sekertaris Desa Dulolong, Nursyawal Tukang dalam kesempatan yang sama ikut memberi komentar. Menurutnya, keberadaan wifi Desa ini cukup membantu pemenuhan kebutuhan akses jaringan Internet di Desa Dulolong.


"Keberadaan wifi Desa ini saya lihat semenjak dipasang sudah memberi dampak positif bagi masyarakat disekitar. Dengan adanya wifi ini pekerjaan kaur - kaur Desa disini lebih terbantu mengingat ada beberapa pekerjaan yang membutuhkan refensi dari Internet," Kata Syawal.


Senada dengan Kades Dulolong, Syawal juga berkomentar bahwa Pemdes kedepannya siap deklarasikan diri sebagai Desa Digital. Dengan sistem pelayanan cepat dan dapat di akses dari rumah.


"Desa Dulolong dalam beberapa pekan kedepan siap deklarasikan diri sebagai Desa Digital. Dengan sistem pelayanan cepat dan dapat di akses dari rumah," ungkapnya.


Pemerintah Dulolong saat ini telah menyediakan layanan akses Internet secara cuma - cuma kepada masyarakat. Namun, untuk mendapatkan akses internet gratis ini hanya dapat dilakukan di kantor Desa Dulolong mengingat baru 1 unit perangkat wifi yang terpasang di Desa ini. (*tim)