AMM NTT Ajak Seluruh Pihak Bantu Korban Erupsi Ile Lewotolok -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

AMM NTT Ajak Seluruh Pihak Bantu Korban Erupsi Ile Lewotolok

Thursday, December 3, 2020


Editor: Indikatoralor.com

Indikatoralor.com - Angkatan Muda Muhammadiyah Nusa Tenggara Timur (AMM NTT) mengajak semua pihak untuk membantu korban Erupsi Gunung Ile Ape Lewotolok. 


Hal ini disampaikan langsung oleh Ketua Umum Pemuda Muhammadiyah NTT Amin Taher kepada wartawan pada kamis 3 Desember 2020 pukul 20.00 WITA via Whatsapp Messangger.


Amin dalam wawancara ini membuka himbuannya dengan Hadits dan Sabda Rasulullah Muhammad SAW (Nabi terakhir dan pembawa wahyu Allah kepada ummat manusia dalam kepercayaan pemeluk agama Islam) “siapa yang punya kelebihan bekal hendaknya dia bersedekah dengan kelebihan bekalnya itu”


"Menghilangkan kelaparan menurut para ulama hukumnya minimal fardu kifayah. tetapi, kalau sampai ada orang yang tidak makan, maka kata ulama bukan lagi fardu kifayah, tapi fardu ain. Fardu ain itu tiap orang yang punya kelebihan wajib membantunya, karena orang itu sudah tidak makan. Jika ada orang kelaparan yang terancam sampai meninggal dunia, maka membantunya sudah fardu ain baik dia muslim atau bukan muslim karena ini soal kemanusiaan,"pungkasnya.


Menurut Ketua Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah NTT ini, Semangat kemanusiaan inilah yang yang menjadi nafas pergerakan Muhammadiyah tak terkecuali Angkatan Muda Muhammadiyah (AMM) diantaranya adalah Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah dan IMM) dalam menyikapi kondisi bencana alam yang terjadi di Lembata NTT. 


"Pemberitaan media saat ini sudah memaparkan dengan gamblang bahwa saudara - saudara kita di Kabupaten Lembata kini diperhadapkan pada kondisi Bencana Erupsi Gunung Ile Lewotolok yang terjadi sejak hari Minggu tanggal 29 November 2020," ungkap Amin.


Amin Tahir juga menyampaikan kekhawatirannya terhadap kondisi topografi gunung Ile Ape yang dikelilingi oleh perkampungan masyarakat sehingga sampai saat ini puluhan ribu pengungsi telah memadati camp - camp pengungsian dan sebagian lainnya mencari alternatif pengungsian sendiri. 


"Tentu kita tidak tega menyaksikan kondisi masyarakat yang saat ini sedang dihadapkan pada kondisi ekonomi yang sulit akibat pendemi covid 19 yang belum selesai namun mereka harus meninggalkan rumah untuk mencari perlindungan dari ancaman erupsi. bahkan sebagian anak-anak sempat terpisah dari orang tua mereka pada saat melarikan diri untuk mencari perlindungan," ungkap Ketua PWPM NTT ini.


Melalui kesempatan ini AMM melalui Amin Taher juga mengajak seluruh pihak untuk mendoakan warga masyarakat di Kabupaten Lembata agar segera terbebas dari bencana ini. mari kita berikan bantuan moril dan materil dengan cara masing-masing untuk meringankan beban mereka disana. 


Tak hanya itu. Amin Taher juga berharap agar  Pemerintah Provinsi NTT dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lembata dapat mengalokasikan anggaran yang cukup untuk memastikan pelayanan makanan dan ketersediaan tempat pengungsian dapat terpenuhi secara baik selama bencana alam ini belum selesai.


"Teman - teman Pimpinan Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah dan IMM di Kabupaten Lembata selalu kita siagakan untuk terus memberikan bantuan kemanusiaan  selama bencana ini belum selesai," kata Amin Taher di akhir wawancara. (*Jab)