Adanya Erupsi Gunung Ile Ape, Begini Himbauan Kapolres Alor Kepada Masyarakat -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Adanya Erupsi Gunung Ile Ape, Begini Himbauan Kapolres Alor Kepada Masyarakat

Saturday, November 28, 2020

 

Erupsi Gunung Ile Ape Lembata (Doc.SC Facebook)

Indikatoralor.com - Kepala Kepolisian Resort Alor AKBP Agustinus Cristmas pasca menerima kabar tentang adanya erupsi Gunung Ile Ape Kabupaten Lembata, langsung membangun koodinasi dengan BPBD, BMKG Kabupaten Alor dan Bandara Mali Alor untuk memonitor dampak erupsi gunung Ile Ape/Ile lewotolok di kabupaten Lembata, Minggu (29/11/2020).


Dalam koordinasi yang dilakukan oleh orang nomor 1 di Polres Alor ini Christmas kepada jurnalis Indikatoralor.com menjelaskan melalui pesan Whatsapp Messanger bahwa erupsi Gunung Ile Ape tidak berdampak ke wilayah kabupaten Alor.


"Sesuai hasil koordinasi kami dengan kepala Bandara Mali Alor yakni Pak Suharmaji, arah angin saat ini adalah ke arah barat sehingga hasil pantauan BMKG terkait erupsi gunung berapi di lembata, saat ini tidal berdampak kepada penerbangan dari dan ke kabupaten Alor,"katanya.


Christmas juga menyampaikan bahwa di kecamatan Pantar Tengah kabupaten Alor terdapat gunung berapi yaitu Gunung Sirung yang pernah mengalami erupsi pada tahun 2012. Pihaknya telah berkoordinasi dengan BPBD Alor bahwa gunung tersebut saat ini belum terdapat aktivitas yang mengarah kepada terjadinya erupsi.


"Kepolisian Resor Alor selalu melakukan koordinasi secara intensif dengan Dinas maupun instansi terkait penanggulangan bencana seperti BPBD, Basarnas, Dinas Sosial maupun semua Komunitas dan potensi masyarakat yang dapat dikerahkan dalam menanggulangi bencana," Kata Christmas. 


Sementara itu, Lanjutnya "terkait erupsi gunung berapi di lembata, kami menyatakan kesiapan personil untuk diberangkatkan manakala dibutuhkan sesuai SOP penanggulangan bencana dibawah koordinasi Polda NTT, hal ini juga sejalan dengan perintah Kapolda NTT untuk senantiasa membangun koordinasi dengan instansi terkait dan backup Polda bila situasi dan kondisi meningkat."


Dalam kesempatan ini, Kapolres Alor juga menyampaikan bahwa tetap membangun komunikasi dengan polsek jajaran terutama kepada Kapolsek Pantar Barat untuk selalu memantau aktifitas gunung berapi yang berada di wilayah hukumnya dan telah membagi wilayah polsek sesuai zonasi perbantuan kepolisian dalam penanggulangan bencana .


Lebih lanjut lagi AKBP Agustinus Cristmas juga menyampaikan kepada masyarakat Kabupaten Alor untuk tetap tenang serta tidak terpancing dengan pemberitaan -pemberitaan Hoax terkait erupsi gunung Ile Ape di Lembata kemudian dikait - kaitkan dengan gunung api yang ada di kabupaten alor demi meningkatkan konten media sosial.


Pray For Ile Ape


Hal tersebut kata Kapolres Alor akan memicu keresahan bagi masyarakat di kabupaten Alor.


"Tetap waspada terhadap segala kemungkinan bencana yang mungkin terjadi salah satunya tetap memperhatikan keamanan saat menggunakan sarana transportasi laut. Baik pemilik kapal maupun penumpang memperhatikan keselamatan dengan menggunakan life jacket dan penumpang yang tidak melebihi kapasitas," tutup Kapolres Alor di akir himbauannya. (*Tim)