Teliti Hiu Tikus, Peneliti Pastikan Alor Masuk Lokasi Penting Perkembang Biakan Hewan Langka ini -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Teliti Hiu Tikus, Peneliti Pastikan Alor Masuk Lokasi Penting Perkembang Biakan Hewan Langka ini

Tuesday, September 22, 2020

Prosesi Penandatanganan Berita Acara Penelitian

Indkatoralor.com - "Alor ini merupakan salah satu lokasi penting dalam perkembang biakan Hiu Tikus. Dalam penelitian kami, Alor merupakan salahsatu wilayah kelahiran dari habitat langka ini". Selasa (22/09/2020)


Hal ini disampaikan oleh Rafit Ketua Project Hiu Tikus kepada awak media di sela - sela agenda Threser Shark Project Indonesia dengan tema Pengembangan Konserfasi Hiu  Tikus Berbasis Masyarakat yang bertempat di Aula Nusantara Lantai 3 Kantor Bupati Alor.

Menurut  Rafit, Hiu Tikus di Alor berdasarkan pemantauannya sempat keluar dari wilayah perairan laut Alor namun kemudian kembali lagi masuk dalam teritorial perairan laut Alor.

"Jadi Hiu tikus di Alor sempat keluar dari wilayah perairan laut Alor tapi kemudian kembali masuk ke kawasan perairan laut Alor lagi. Hal ini disebabkan oleh banyaknya sumber daya ikan di kawasan ini," terang Rafit.

Rafit juga memaparkan bahwa yang membedakan jenis Hiu Tikus dan Hiu - Hiu lainnya terletak pada ekornya.

"Karena ekor Hiu ini paling panjang dari Hiu - Hiu lainnya dalam hal ini panjang ekor yang sama dengan panjang tubuhnya sehingga disebut dengan Hiu Tikus,"kata Rafit.

Dalam Kesempatan ini, Bupati Alor Drs. Amon Djobo dalam sambutannya menyampaikan bahwa keberadaan Hiu Tikus ini merupakan bagian dari keajaiban - keajaiban Alam yang diberikan oleh Tuhan kepada Masyarakat Alor.

"Jadi Hiu Tikus ini merupakan salahsatu keajaiban Alam yang tuhan berikan kepada kita," kata Amon.

Amon yang menghadirkan Muspida dalam kegiatan ini mengajak seluruh masyarakat dan kepala Desa di Alor agar tetap mendukung berbagai macam penelitian di wilayak Kabupaten Alor.

Amon Djobo juga pastikan untuk memberikan satu stand khusus untuk penemuan baru Hiu Tikus sebagai bentuk sosialisasi kepada Masyarakat.

"Saya harap kepada para kepala Desa agar dapat mengsosialisasikan kepada masyarakat terkait penemuan ini agar ketika mereka melaut dan menemukan hewan ini dapat dilepas kembali"ungkap Bupati Alor 2 periode ini pada akhir sambutannya.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan berita acara lounching program Threser Shark Project Indonesia 2020/2021 serta penabuhan Gong oleh Kapolres Alor, Kepala Kejaksaan Negeri Kalabahi dan Kepala Pengadilan Negeri Kalabahi. (*Jab)