Gelar DAD ke XIII, IMM Alor Hadirkan Ketua DPRD Sebagai Pemateri Kepemimpinan -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Gelar DAD ke XIII, IMM Alor Hadirkan Ketua DPRD Sebagai Pemateri Kepemimpinan

Tuesday, September 1, 2020

Foto: Peserta DAD IMM XIII Kabupaten Alor dan Ketua DPRD serta beberapa Senior IMM Alor (Jab)

Indikatoralor.com. Koordinator Komisariat (KORKOM) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah STKIP Muhammadiyah Kalabahi kembali menggelar Darul Arqam Dasar (DAD) ke XIII. Rabu, (02/09/2020)

Kegiatan yang mengusung tema “Menyiapkan Generasi Penerus Ikatan yang berbasis Trilogi IMM sebagai Upaya Ber-amar Ma'ruf nahi Munkar” ini berlangsung pada tanggal 27 sampai dengan 30 Agustus 2020 lalu dengan bertempat di Kampus STKIP Muhamamdiyah Kalabahi.

Dengan tema di atas, kegiatan diharapkan dapat membentuk karakter dan kepribadian serta mutu kader yang mampu dalam menginternalisasikan nilai-nilai serta muatan dari tri kompetensi IMM. Demikian ungkap Instruktur penyelenggara DAD IMM STKIP Muhammadiyah Kalabahi Mukmin Amsidi kepada pewarta.

Mukmin menjelaskan bahwa DAD yang merupakan kegiatan Dasar pengkaderan Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah ini wajib diikuti oleh seluruh calon Mahasiswa Perguruan Tinggi Muhammadiyah salah satunya calon Mahasiswa Baru STKIP Muhammadiyah Kalabahi.

"Artinya walaupun mahasiswa memiliki latar belakang non muslimpun tetap wajib mengikuti kegiatan tersebut," kata Mukmin melalui realesenya.

Sambungnya, "Kegiatan DAD juga menjadi  salah satu upaya awal agar mahasiswa bisa bergabung di organisasi intra kampus tersebut yaitu Organisasi Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah," pungkasnya.

Menariknya adalah kegiatan Darul Arqam Dasar (DAD) ke XIII KORKOM IMM STKIP Muhammadiyah Kalabahi seperti tahun-tahun kemarin kali ini diikuti oleh 30 peserta yang juga didalamnya terdapat kader Kristiani  yang berjumlah 4 Orang yang dalam status pengkaderan mereka dalam Keanggotaan IMM disebut sebagai Anggota Kehormatan.

Ketua DPRD Kab. Alor. Ibu Eny Anggrek, turut hadir dalam perhelatan momentum kaderisasi ini sebagai tamu sekaligus menjadi pemateri DAD.
Ketua DPRD Kabupaten Alor (Enny Anggrek) dan Master Of Training DAD IMM Kabupaten Alor (Haris Kay)

"Seorang pemimpin harus banyak sabar dan berjiwa besar ketika dikucilkan maka tidak boleh pata semangat," ujarnya. Saat membawakan materi tentang Kaderisasi dan Kepemimpinan.

Adapun materi-materi DAD ke XIII kegiatan berjalan selama 3 sebagai berikut :
1. Ketauhidan,
2. Eksistensi IMM di PTM,
3. Pelaksanaan tugas kepolisian dalam penanganan unjuk rasa,
4. Potensi wisata bahari berbasis budaya dan kearifan lokal di kab. Alor,
5. Penerapan Gender dalam Organisasi,
6. Ibadah,
7. Gerakan Literasi Kaum Muda demi mempertahankan eksistensinya di Masyarakat,
8. Kaderisasi dan kepemimpinan,
9. Advokasi dan tehnik berhubungan dengan Media,
10. Ke-IMM-an,
11. Ahlak dan Kepemimpinan,
12. Peran dan fungsi kader IMM sebagai lokomotif gerakan perubahan,
13. Sejarah ideologi serta identitas gerakan IMM,
14. Nilai Dasar Ikatan,
15. Teknik Persidangan.

 Perkaderan kali ini walaupun berada di masa pandemi Covid-19 namun wilayah kabupaten Alor masih dalam Zona Hijau sehingga proses kegiatannya tetap berjalan sesuai dengan protocol kesehatan yang sudah ditetapkan oleh pemerintah
Dan sampai hari ini. kondisi pemateri, peserta, panitia dan instruktur masih steril dan Aman.

Akhirnya dengan terselenggaranya kegiatan DAD di tahun 2020 ini,
Semoga kader IMM STKIP Muhammadiyahh Kalabahi dapat memiliki jiwa loyalitas terhadap Organisasi, mudah merangkul dan saling sayang menyayangi seperti Semboyan Flobamorata "Taramiti Tominuku" saling ikat dalam Kerukunan.

Harapan terbesar adalah semoga ke-30 kader  yang sementara dikaderkan mampu memegang tampuk kepemimpinan selanjutnya serta menjadi kader-kader terbaik Kabupatem Alor.

Turut hadir dalam agenda ini pihak Kepolisian Resort Alor, Bagian Pemberdayaan Bahari (Perikanan). Serta Tokoh-tokoh Muhammadiyah kab. Alor dan Alumni Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah Alor. (MA)