Mengenal Taman Suaka Alam Pesisir "TSAP" di Pantai Sebanjar -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Mengenal Taman Suaka Alam Pesisir "TSAP" di Pantai Sebanjar

Wednesday, August 12, 2020

TSAP Sebanjar (www.tsapsebanjar.com)

Indikatoralor.com - Taman Suaka Alam Pesisir (TSAP) Panti Sebanjar hadir Sebagai upaya strategis dalam menopang "Empat Pilar Program Gemma Mandiri" yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Alor di bidang Kelautan dan Perikanan demi terwujudnya "Alor Kenyang, Alor Sehat, Alor Pintar"

Dasar operasionalnya adalah Surat Keputusan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Alor Nomor: DKP. 1605/VIII/2017 tanggal 23 Agustus tahun 2017 tentang Penunjukan/Penetapan Personil Penyelenggara/Pengelola Taman Suka Alam Pesisir (TSAP) Pantai Sebanjar.

TSAP Pantai Sebanjar mengemban tugas Edukasi peningkatan Sumber Daya Manusia di bidang Kelautan dan Perikanan, Pelestarian lingkungan pesisir pantai dan perairan laut, Melaksanakan Fungsi Ekowisata dengan cara kreatif dan inovatif memanfaatkan potensi jasa lingkungan disekitarnya guna membuka lapangan kerja bagi masyarakat sekaligus berkontribusi bagi peningkatan Pendapatan Asli Daerah ( PAD).

Dengan demikian, kehadiran TSAP Sebanjar tidak hanya sebagai wahana pembelajaran dan penyadaran, namun lebih dari itu dalam pemanfaatannya diharapkan dapat membawa inspirasi positif dalam mendukung pengembangan wisata bahari dan mampu memberi dampak ekonomis bagi peningkatan taraf hidup masyarakat.


TSAP Pantai sebanjar dari letaknya memiliki beberapa keunggulan karena berada dekat dengan 40 Spot Diving dan Snorkling kelas Dunia, situs wisata budaya Al Qur'an Tua dari kulit kayu, fenomena alam air laut dingin, rumah tenun ikat asli Alor, Water Park dan Wisata Mangrove.

TSAP Pantai Sebanjar memiliki bungalaw untuk beristirahat bagi yang menginginkan ketenangan pada saat berlibur. Memiliki Aula Berkapasitas 50 orang sebagai tempat pertemuan, memiliki penyewaan alat Diving/Snorkling dengan guide yang berpengalaman, menyediakan kopi dengam cita rasa asli Alor bagi para pecinta kopi sambil menikmati keindahan sunset ketika waktu senja tiba. (*Jab)