Soal Dana Bansos, Kapolres Alor; "Saya Sudah Bentuk Tim Dari Tipikor Untuk Memantau" -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Soal Dana Bansos, Kapolres Alor; "Saya Sudah Bentuk Tim Dari Tipikor Untuk Memantau"

Wednesday, May 13, 2020

Foto: Kapolres Alor (AKBP Dermawan Marpaung, S.I.K M.Si) - Editor : Indikatoralor.com


Indikatoralor.com - Polres Alor akan mengawal semua dana bantuan sosial pemerintah yang dialokasikan kepada masyarakat kurang mampu akibat pandemi covid-19.

Hal ini disampaikan secara tegas Kapolres Alor, AKBP. Dermawan Marpaung, S.I.K, M.Si saat dihubungi media, Rabu, 30/4/2020 di Kalabahi.

“Kami kepolisian sudah diminta untuk untuk melakukan pengawalan berkaitan penyaluran dana-dana tersebut, baik program keluarga sejahtera, bantuan langsung tunai (BLT) dari dana desa, Kartu Pra Kerja dan lainnya,” ungkapnya.

Marpaung sebagaimana yang dilansir dari seputar-ntt . com juga menyampaikan bahwa pengawalan ini merupakan tugas dari polisi agar penyaluran dana nya tepat sasaran.

“Saya sudah bentuk tim dari tipikor untuk memantau,”  kata Marpaung.

Kapolres menjelaskan, langkah pengawalan yang diambil pihaknya adalah meminta data dari Dinas Sosial namun secara keseluruhan belum valid.

“Kemarin kita uji petik, ternyata ada warga yang sudah meninggal tetapi masih ada namanya dalam data tersebut,” ujarnya.

Langkah kedua menurut Dermawan adalah dengan melihat tingkat ekonomi masyarakat penerima.

“Datanya masih menggunakan data 5 tahun lalu. Betul, tetapi dalam rentan waktu itu, ada keluarga yang ekonominya sudah membaik. Tentu itu tidak bisa dimasukan kedalam kategori keluarga miskin,” tegas Marpaung.

Untuk itu pihaknya akan mensinkron, memastikan data tersebut valid agar bantuannya tepat untuk masyarakat yang memang benar-benar membutuhkan.

“Intinya tepat sasaran, tidak ada pendobelan, benar dana nya disalurkan apa tidak. Setelah itu kita ambil sampelnya secara random di warga, benar nggak dia menerima bantuan itu. Kalau tidak, kita ambil langkah-langkah hukum,” tutup AKBP. Dermawan Marpaung, S.I.K, M.Si. (Jab).