IMM Cabang Alor Menggagas Konsep Pembaharuan dalam lini Kaderisasi di sela Rutinitas Flowup Kader. -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

IMM Cabang Alor Menggagas Konsep Pembaharuan dalam lini Kaderisasi di sela Rutinitas Flowup Kader.

Saturday, November 16, 2019

Indikatoralor.com Dalam sebuah pergumulan Yang dibangun sdah tentu harus menghasilkan konsep. Dan hari ini kami mencoba Merealisasikan itu dalam pemanfaatan waktu flow up Kader IMM Cabang Alor. 

Materi Ke IMM-an Hari ini tidak saja berkutat pada soal-soal Umum yang sering dibicarakan, tapi lebih dari itu Eksistensial, basis gerakan  IMM yang pada realitasnya sering berjalan waktu mulai tergerus Ruh pergeraknnya ini, juga menjadi Poin penting Pembahasan hari ini.
Oleh karenanya maka bersama rekan-rekan IMM Cabang Alor, kami bersepakat Membangun Konsep pemabaharuan lebih intens dan matang pada lini kaderisasi. Karena mau tidak mau IMM yang menjadi organisasi Kader harus mampu melahirkan kualitas kader yang potensial untuk kepemimpinan masa depan serta ada keseimbangan yang tercipta antara Kuantitas dan kualitas dari kaderisasi yang dilaksanakan.

Pada kenytaannya, kita dapati ada jeda yang cukup panjang antara DAD ke Flowup yang kurang dimanfaatkan Demi menunjang SDM kader sebagai calon pemimpin masa depan bagi Persyatikatan, Ummat dan Bangsa. Dilain sisi kaderisasi dalam Tubuh IMM masih saja berkutat pada kurikukum Formal yang di anut dari Sistem Pengkaderan IMM (SPI). Sehingga Tidak sampai disitu, kejumudan ini biasnya juga mempengaruhi Eksistensi pergerakan IMM Akhir-Akhir ini.
Seolah setelah diselesaikannya proses perngkaderan secara Formal dalam DAD, Kemudian tidak ada lagi keselarasan dalam pergerakan, masing-masing sudah memilih jalannya untuk mengisi pos kelayakan menjadi kader dalam  Flowup dengan rentan Waktu Enam Bulan. Akibatnya, Kader banyak  merasa terabaikan dan mandek proses pembentukan karakternya. 

Dari sinilah inisiasi konsep itu muncul, bahwasanya dalam menunjang proses pembaharuan kaderisasi yang lebih matang kedepan, maka Perlu dibuatkannya KURIKULUM NON FORMAL dalam Tubuh IMM NTT untuk menyelaraskan jalan pergerakan demi terciptanya keseimbangan Kualitas yang mempuni dalam diri kader itu sendiri.

 Mulai dari materi yang akan mengisi pos keilmuan, pembentukan karakter, serta paraktek managemen diri dalam rentan waktu flowup sampai pada pelatihan-pelatihan kepemimpinan yang sistemik dan terprogram. Sehingga setelah melewati Flowup kader tidak lagi ambigu dalam menuai proses panjang pergerakannya kedepan bersama IMM.

Tulisan : Try Setiawan
Editor   : Ketua Redaksi