Dinamika Apa Lagi Di Negeri ini? -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Dinamika Apa Lagi Di Negeri ini?

Friday, October 4, 2019

Foto Penulis

Penulis: Bung Kribo

Indikatoralor.com - Kehidupan politik masyarakat Indonesia memang penuh diterjang dinamika, berawal dari berdirinya negara Indonesia sampai saat ini. Intrik politik penguasa negeri, dn politisi menjadi kajian unik, bagi pakar politik khususnya dan masyarakat pada umumnya, politik tidk hanya berbicara mengenai kekuasaan, dan pengaruh saja, tetapi yang lebih penting adalah tujuan dari politik itu sendiri, selain mewujudkan masyarakat yang mengetahui akan hak dan kewajibannya, juga mewujudkan kesejahteraan umum.

Politik baik ilmunya hingga pada praktiknya sangat penting bagi keberlangsungan sebuah negara, karena negara bisa menjalankan roda kekuasaan atau roda organisasi negaranya, jika ada orang yang melek akan ilmu politik, mengerti dinamika negera baik ditinjau dari sisi ilmu politik maupun dari ilmu ketatanegaraan.

Pada dasarnya politik berbicara mengenai idealitas, atau semua hal yang baik, karena politik mengandung kemuliaan, baik untuk negara maupun untuk masyarakatnya. Jika dilihat sekilas, politik penuh dengan drama, baik pertentangan maupun kepentingan, karena tidak bisa kita pungkiri bahwa politik merupakan sebuah dinamika, yng tidak bisa diprediksi secara pasti hasilnya, kita tegaskan kembali bahwa politik penuh dengan kepentingan, jika kepentingan itu tidak terakomodir maka akan dipastikan terjadi konflik, jika terakomodir maka akan terjadi kompromi politik, dan sekaligus bentuk politik yang paling pragmatis. Itulah dunia politik yang harus kita sikapi secara dewasa.

Berbicara mengenai politik tentu tidak akan lepas dari beberapa kelompok, seperti kelompok penguasa, kepentingan bahkan penekan, setiap kelompok memiliki kepentingan, dan kadang sering terjadi pertentangan, sehingga mengeluarkan banyak analisis pakar dan isu yang dikonsumsi oleh masyarakat, terlepas benar atau tidaknya isu tersebut.

Kemajuan teknologi yg semakin canggih, memudahkan akses informasi dari setiap penjuru negeri, termasuk akses informasi mengenai dunia politik, interaksi masyarakat yng hari ini semakin banyak dilakukan dimedia sosial, memberi kesempatan, untuk mereka seolah menjadi pakar politik dengan memberikan tanggapan, atau opininya terhadap sebuah kejadian politik, membuat politisi harus berhati-hati dalam berperilaku, jika tidak ingin menjadi santapan kemarahan publik, ironi bagai pisau bermata dua, kemajuan teknologi ini, memudarkan budaya sopan santun masyarakat kita dalam bijak menggunakan media sosial.

Penyebaran isu dn kabar dunia politik yang cepat, membuat masyarakat kita mudah terjebak dalam berita bohong, yang lebih terkenal dengan hoax, yang menurut berita beredar, kabar tersebut sengaja diproduksi demi kepentingan politik,  sangat disayangkan persatuan dan kesatuan harus menjadi korban dalam upaya mewujudkan kepentingan politik ini, melalui cara yang kurang beradab.

Penulis: Bung Kribo
Editor  : Jab