Festival Dugong Perdana Akan Digelar di Alor -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Festival Dugong Perdana Akan Digelar di Alor

Tuesday, July 2, 2019

Festival Dugong (indikatoralor.com)

Indikatoralor.com - Kabupaten Alor, atau nama lainnya "Surga di Timur Matahari" akan mengadakan festival yang sangat unik yakni festival memanggil Dugong yang juga kerap disebut Duyung.

Festival Dugong Perdana alias pertama kalinya ini akan di selenggarakan di kawasan perairan Pantai Mali - Alor pada tanggal 18 Juli hingga 24 Juli mendatang. Festival ini akan menjadi momen yang sangat sulit dilupakan karena akan ada prosesi pemanggilan Mamalia Laut alias Dugong oleh Pawangnya. Mamalia laut atau hewan menyusui ini akan muncul ke permukaan laut ketika di panggil oleh si pawang yang tentu diantara keduanya sudah memiliki ikatan batin.

Acara unik ini akan di hadiri oleh beberapa menteri yakni Mentri Perikanan (Suci Pudjiastuti), Menteri Pariwisata (Arif Yahya) dan Menteri Koordinator Kemaritiman (Luhut Binsar Pandjaitan)

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Provinsi NTT, I Wayan Darmawan sebagaimana yang dalansir oleh media nttupdate.com beberapa waktu lalu mengatakan bahwa, kehadiran para menteri ini akan meningkatkan brand festival Dugong di pulau Alor. “itu Dugong (Festival) jangan kita sendiri yang nonton. Kita undang lintas menteri dan wisatawan-wisatawan lain,” kata Wayan di Kupang.

Sambungnya, "akan digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Berbagai kegiatan lain juga akan digelar sebelum puncak pergelaran pemanggilan mamalia laut itu. “Festival Dugong biasanya paling lambat dua hari. Sekarang (tahun ini) kita buat Festival Dugong satu minggu. Kita buat mulai car free day dengan pakai busana adat, ada buat lomba-lomba, sampai pada puncaknya tanggal 24 juli itu pemanggilan Ikan Dugong,” pungkas mantan Kepala Bappeda NTT itu.

Wayan juga menerangkan bahwa dalam Festival ini akan di sisipi beberpa agenda - agenda penunjang pariwisata di NTT seperti pelatihan Koki, Tour Guide, serta peresmian  restoran- restoran swasta di Kabupaten Alor.

Reporter: Jab
Editor     : Redaksi