Debat Kandidat Calon Kelapa Desa Dulolong Barat, PANLIH Ajak Warga Bangun Kampung Bersama -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Debat Kandidat Calon Kelapa Desa Dulolong Barat, PANLIH Ajak Warga Bangun Kampung Bersama

Tuesday, July 16, 2019


Indikatoralor.com - Kegiatan debat kandidat Kepala Desa Dulolong Barat telah diselenggarakan hari ini. Selasa (16/07/2019)

Dengan mengusung tema "MAPI HU'NU TANUT NU, TOMNU TATO'NU PI BANG LELANG U BALETA (MARI KITA SEHATI, SEPIKIR UNTUK MELAYANI KAMPUNG HALAMAN)" kegiatan ini digelar di aula Kantor Desa Dulolong Barat.

Kegiatan ini diagendakan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa Dulolong Barat sebagai lanjutan dari agenda kampanye selama 5 hari sbelumnya atau mulai tanggal 10 hingga 15 Juli 2019.

Kegiatan debat kandidat Calon Kepala desa ini dihadiri oleh tiga kandidat, Ketua BPD beserta anggota, Pemerintah Desa, Dusun, Rt/Rw dn juga seluruh warga masyarakat Desa Dulolong Barat.

Sebagaimn dalam sambuatan  dan arahana yg disampaikan ketua panitia Pilkades Desa Dulolong sebelum kegiatan dilaksanakan bahwa dalam proses debat ini tentunya kita di atur oleh aturan - aturan yang mana salah satu poinnya adalah  kita sama - sama menjaga ketertiban dan keamanan selama kegiatan berlangsung. Kemudian dlm proses pemilihan sperti ini tentunya ada berbagai dinamika yg mana memecahkan belahkan kita punya hubungan kekeluargaan.

Senada dengan itu, Jamra Lapung  yang sementara menjabat sebagai Ketua PC IMM Alor menjelasakan bahwa "Pilkades ini ibarat seperti kapal yg menyebrangi sebuah lautan dlm berlayar tentukan laut yang tenang akan  terbelah menjadi gelombang setelah  kapal berlalu maka laut akan tenang. Untuk itu mari dalam proses pilkades ini kita semua mnjdi bagian dari sistim yg mendinginkan suasana. Jangan kemudian kita jd Kompor yg  membuat hubungan kekeluargaan kita terbakar dan kita bercerai berai".

Sambungnya, "Maju mundurnya sebuah negeri tergantung dari generasi mudanya kemudian Perilaku generasinya tercermin dari perilaku para pendahulu. Untuk itu, sebagai orang - orang pendahulu mari berbuat yg baik dlm suasan Demokrasi ini agar bisa diikuti dgn baik pula oleh Generasi Muda kita. Beda pilihan itu wajar akan tetapi hubungan kekeluargaan harus diutamakan.

Ketua Panlih Pilkades ini juga juga dalam akhir sambutannya mengajak seluruh masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya pada tnggl 20 Juli nanti dgn baik sehingga Pesta demokrasi tingkat desa ini berjalan sesuai dgn yg kita harapkan bersama.

Beliau juga sampaikan bahwa "3 kandidat ini menjadi putra terbaik Desa dulolong Barat mari kita dukung sesuai suara hati jangan dukung kandidat berdasarkan interevensi dan rayuan dari pihak tertentu, jagan dukung kandidat untuk mengharapkan imbalan tertentu . Jk kita dukung seseorng kemudian kita harapkan jatah kursi dll mk kampung kita tercinta tdk akan maju.

Setelah arahan Ketua Panli Pilkades kegiatan Debat ini di pandu secara langsung oleh moderator yang mana dalam aturannya  waktu berbicara dibagi dalam 4 babak.

Babak Pertama : Penyampaian Visi Misi dan program kerja oleh masing - masing calon dengan waktu yang disediakan 5 Menit dimulai saat berbicara.

Babak kedua: Masing - masing calon mengambil pertnyaan yang telah disediakan oleh panitia dan diserahkan kepada moderator untuk dibacakan dan masing - masing calon menjawab sesuai pertanyaan yg diambil dengan waktu yang disediakan 3 Menit.

Babak ketiga : masing - masing Calon mengajukan satu pertnyaan seputaran Visi - Missi dan program kerja ke calon lain dengan waktu 2 menit terhitung saat mulai berbicara.

Babak ke empat : Masing - masing calon menyampaiakn kalimat penutup dn sekaligus kalimat ajakan kepada warga masyarakat untuk memilih calon tersebut dengann waktu 3 menit terhitung mulai saat berbicara.

Kegiatan ini berlangsung dengan aman dan di akhiri dengan foto bersama serta Jabatan Tangan  antara Ketiga kandidat, panitia, moderator dan juga seluruh warga yang hadir.


Reporter : Jl
Editor     : Daman