Kemeriahan Idul Fitri di Baranusa "Begini Masyarakat Rayakan Hari Kemenangan" -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Kemeriahan Idul Fitri di Baranusa "Begini Masyarakat Rayakan Hari Kemenangan"

Sunday, June 2, 2019

Ilustrasi Gambar (INN Alor)

Indikatoralor.com - Idul Fitry yakni hari Raya Ummat Islam yang jatuh pada 1 Syawal 1440 Hijriah tepatnya Rabu, 5 Juni 2019 Masehi tahun ini. Senin (3/06/2019)

Kali ini Redaksi Indikatoralor.com ingin mengajak pembaca sekalian terutama bagi masyarakat Kabupaten Alor untuk mengintip kemeriahan Idul Fitri di Baranusa, Kecamatan Pantar Barat Kabupaten Alor.

Sebuah kampung bersejarah yang juga tidak sedikit melahirkan generasi - generasi produktif penunjang kemajuan Kabupaten Alor.

Merayakan Hari Kemenangan di Baranusa merupakan momen yang tidak akan terlupakan bagi pembaca sekalian. Kenapa demikian?

Masyarakat Baranusa yang terkenal dengan keramahan yang sangat luar biasa ini selalu menjadikan Kaleso (Makanan Khas yang dibungkus dengan pucuk kelapa) sebagai jamuan khas bagi tamu (Tetangga ataupun Kerabat) yang datang berkunjung ke Rumahnya.

"Jangan bilang lebaran di Baranusa jika tiada Rumah tanpa Kaleso". Demikian ungkapan yang cocok untuk menggambarkan kemeriahan Hari Raya Idul Fitry di tempat ini. Untuk lauk dari Hidangan ini, pasti Ikan laut segar adalah lauk andalannya. Ibarat kata "Kaleso dan Ikan adalah dua sejoli yang tidak dapat dipisahkan".

Setelah menikmati hidangan dan maaf memaafkan, Masyarakat di tempat ini terutama Muda/Mudi-nya langsung meluncur ke Pelabuhan yang terletak di "Watang Peing".

Di pelabuhan Baranusa Pasca sholat Idul Fitry biasanya masyarakat terutama muda/mudi berkumpul dan merayakannya dengan tradisi uniknya "Bua Tena" yakni bermain perahu layar. Sebagian yang tidak ikut bermain perahu layar ada yang cebur - ceburan di laut, ada juga yang bersantai ria sembari menikmati suara takbir yang diputar melalui pengeras suara Masjid Raya Baranusa.

Siapapun yang merayakan Idul Fitrinya di Baranusa pasti akan merasa takjub dengan suasana lebaran yang meriah ini. Tentunya ini adalah kenangan terbaik yang sulit untuk di lupakan.


Reporter: Redaksi Indikatoralor.com
Editor     : DJ