Semarak Milad IMM ke-55 PC IMM Alor Bersama AOP Peace Generation Gelar 12 Nilai Dasar Perdamaian -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Semarak Milad IMM ke-55 PC IMM Alor Bersama AOP Peace Generation Gelar 12 Nilai Dasar Perdamaian

Tuesday, March 12, 2019

Pembukaan Kegiatan 12 Nilai Dasar Perdamaian



Indikatoralor.com - Dalam rangka memeriahkan MILAD IMM Ke-55, Pimpinan Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Kabupaten Alor mengadakan kegiatan Pra Milad IMM tentang 12 Nilai Dasar Perdamaian yang dibawakan oleh Bapak Raspa Laa., S.Pd.I., M.Pd di Kampus STKIP Muhammadiyah Kalabahi. Rabu, (13/03/ 2019)

Kegiatan dengan tema "12 Nilai Dasar perdamaian " ini berlangsung dengan sederhana namun memiliki makna yang sangat besar dan cocok untuk Generasi Alor dan kondisi Kejadian di Alor Saat ini. 

Kegiatan 12 Nilai Dasar Perdamaian ini sangat unik karena tidak hanya teori yang disampaikan namun dibarengi dengan simulasi Praktek seolah-olah terjadi dalam kehidupan sehari-hari

Kegiatan 12 Nilai Dasar Perdamaian memiliki 12 Materi dan semuanya diupayakan tercover dalam satu hari dengan sub materinya adalah : 
1. Menerima diri
2. Prasangka
3. Perbedaan Etnis
4. Perbedaan Agama
5. Perbedaan Jenis Kelamin
6. Perbedaan Status Ekonomi
7. Perbedaan Kelompok atau Geng
8. Keaneka Ragaman
9. Konflik 
10. Menolak kekerasan
11. Mengaku kesalahan
12. Memberi Maaf

Kegiatan ini di hadiri oleh Bapak Muhammad Abdullah selaku perwakilan STKIP Muhammadiyah Kalabahi, Bapak Raspa Laa (AOP Peace Generation). Teman" Wartawan Alor. Sek bidor DPD IMM NTT. SEKBID KOKAM PDPM Alor dan Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Kalabahi


Dalam  sambuatan yang di sampaikan oleh (AOP Peace Generation) Bapak Raspa Laa mengatakan bahwa  "Perbedaan tidak menjadi dasar untuk kita bertikai dan saling benci, mengapa kita harus bertikai jika Perdamaian itu sangat indah". Ujar Raspa

Sekali lagi diakhir sambutan beliau, satu-satunya pejuang AOP Peace Generation Alor ini mengatakan bahwa Sebagai penerus Regenerasi Alor mari kita menciptakan Situasi Damai Di Alor Nusa Kenari. tegasnya.

Sejalan dengan hal itu Bapak Muhammad Abdullah dalam sambutannya didepan seluruh hadirin beliau sedikit menyetil persoalan yang terjadi di Kab. Alor khususnya di daerah Baranusa (Beangonong) "Kita tahu bahwa akhir-akhir berbagai dinamika kehidupan konflik yang terjadi di kab. Alor sangat tidak kita harapkan oleh karena itu kita sebagai agen perdamaian harus mampu membaca situasi ini dengan jalan DAMAI". Tegas Perwakilan Ketua STKIP Muhammadiyah Kalabahi ini. 

Semntara Harapan dari PC IMM Kab. Alor IMMawan Jamra Lapung. Pria Asal Dulolong Barat ini,  ketika di konfirmasi beliau mengakatan bahwa "tujuan diadakannya kegiatan Training 12 Nilai Dasar Perdamaian ini adalah untuk tetap menjaga kesatuan didaerah ini secara khusus dan indonesia secara umum. Kita ketahui bersama bahwa memasuki tahun politik ini banyak sekali isu-isu tidak menyehatkan sehingga terkadang menimbulkan saling fitnah-memfitnah, Hujat- menghujat dan ketidak harmonisan antara sesama anak bangsa". Pungkasnya

Sambungnya, "Semoga dengan diadakan kegiatan ini dapat memberikan motifasi kepada peserta untuk terus menyebarkan virus perdamaian dimanapun kita berada. Ujar Jamra.

Reporter : MA
Editor      : Redaksi
Foto          : MA