Kegiatan IMM Di TSAP sebanjar IMM Alor prioritaskan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Kegiatan IMM Di TSAP sebanjar IMM Alor prioritaskan Pemberdayaan Masyarakat Pesisir

Sunday, September 2, 2018

                       
Gambar Tsap pantai Sebanjar


Indikatoralor.com-Dalam rangka pembubaran panitia DAD ke II korkom STKIP Muhammadiyah Kalabahi, kader-kader  IMM Alor melakukan bakti sosial sekaligus Flow Up kali ke II hari ini di Tsap seanjar (Salahsatu tempat wisata terbaik di alor saat ini yang) Sabtu (01/09/2018).

Kegiatan pembubaran panitia kali ini menurut Ketua Panitia DAD ke II (IMMawati Nurhajjah Rasyid) adalah pembubaran yang tidak lagi sebatas seremonial semata, namun lebih dari itu harus dibarengi dengan aksi-aksi sosial yang nyata dan bermanfaat agar tidak mubazzir terhadap pemanfaatan waktu.

Dalam bakti sosial, Kader IMM melakukan pembersihan di pantai TSAP sebanjar.

Kenapa TSAP sebanjar ?
Karena TSAP sebanjar menjadi salah satu tempat destinasi wisata yang memberikan pelajaran bagi kita semua dalam pemanfaatan lokasi wisata terhadap memberdayakan masyarakat pesisir, sehingga menjadi tempat yang menarik dan perlu untuk kita rawat dan jaga bersama.
Harapannya semoga TSAP Sebanjar menjadi cerminan bagi banyak tempat wisata lain di Alor. Selain indah juga mempunyai nilai ekonomis yang bermanfaat bagi masyarakat pesisir.

 Bakti sosial ini juga menurut IMMawan Try Setiawan selaku Ketua IMM Cabang Alor, menjadi bagian dari aksi sosial yang mesti terus dilakukan kader-kader IMM Alor sebagai salah satu wujud nyata dari Implementasi Tri Kompetensi Dasar IMM, yakni "Humanitas". Karena sebagai seorang kader IMM, kita mesti menjadi garda terdepan dalam bertindak untuk Masyarakat dan Ummat.

Aksi Sosial kali ini, Menitik beratkan pada pemberdayaan masyarakat pesisir yang sudah menjadi hal yang mesti diperhatikan bersama. Oleh karena itu, IMM Alor dalam aksi ini, yakni membersihkan lingkungan sekitar pantai di Tempat wisata TSAP Sebanjar agar jika pantainya baik, akan tercipta kenyamanan dan menarik bagi pengunjung untuk datang kesini.

Jika pengunjungnya banyak, Maka masyarakat di sekitar pesisir dapat memanfaatkannya untuk menambah pendapatannya.

Haturan terimakasih yamg sebesar-besarnya Juga Untuk Pak Pahlawan Djafar ( Pengelola TSAP Sebanjar) atas waktu dan kesempatan yang diberikan kepada IMM. Semoga hal-hal positiv seperti ini tetus menerus di lakukan.

Dilain sisi, IMM juga tidak lupa melakukan Kegiatan Rutinnya, Yakni Memberikan follow-up terhadap IMMawan/i yang baru dikaderkan tahun 2018 ini. Adapun materi follow-up kali ini adalah pemberdayaan masyarakat pesisir.
 
Menurut ketua Korkom STKIP Muhammadiyah Kalabhi (IMMawan Syarifudin Malei), pemberdayaan masyarakat pesisir sudah harus didengungkan dan di implementasikan agar masyarakat bisa menyadari potensi-potensi ekonomis dipesisir yang begitu besar dan bermanfaat baginya.

Penting untuk pengetahuan ini bagi kader-kader IMM untuk dipelajari pemberdayaan masyarakat pesisir ini agar dapat membantu dalam menjelaskan serta memberi pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya menjaga pesisir pantai agar tetap bersih dan nyaman. Sehingga jika dikunjungi banyak orang, maka akan menjadi ladang ekonomis yang potensial untuk menambah pendapatan.


Menurut pengelola TSAP sebanjar (Pahlawan Djafar), "mateti follow-up kali ini sangat membuatnya tertarik dan positif, karena pemberdayaan masyarakat pesisir sendiri sebenarnya sangat responsif terhadap salah satu isu strategis yang kini sedang digaungkan oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah. Namun, khusus di alor belum ada satupun organisasi Otonom Muhammadiyah, Perguruan Tinggi Muhammadiyah, ataupun Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) lainnya yang mau menangkap isyu strategis ini.  Sehingga apresiasi dan salut untuk IMM Kabupaten Alor sebagai salah satu Organisasi  Otonom Muhammadiyah sudah mau mengawali dan menjalankan ini dengan menjadikan isyu strategis pemberdayaan Masyarakat pesisir menjadi bahan follow - up".

Pahlawan juga berharap, "semoga ini terus berlanjut hingga untuk kedepannya pemberdayaan masyarakat pesisir ini akan menjadi hal yang diperhatikan bersama di Kalangan Muhammadiyah, baik itu Ortom, PTM, maupun AUM".

Sambungya, "Terimakasih atas kegiatan yang positif dan bermanfaat ini. Semoga kedepannya lebih baik lagi untuk IMM dan Muhammadiyah secara keseluruhan".


Reporter : Try