Makan Sorong, Tradisi Unik di Alor -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Makan Sorong, Tradisi Unik di Alor

Monday, July 9, 2018

Prosesi Pesta Makan Sorong

Tradisi Makan Sorong,  tradisi unik yang jarang terekspos ini merupakan sebuah tradisi yang hingga saat ini masih hidup dan dilestarikan di Desa Wolwal, Kecamatan Alor Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Tradisi ini merupakan sebuah rutinitas yang dilakukan pada setiap hajatan yang dilakukan di kawasan Desa Wolwal. Dalam penyelenggaraannya, berawal dari makanan yang ditata dengan rapi diatas meja panjang beserta lauk pauk dan alakadarnya.

Keunikan dari Makan Sorong yang paling berkesan adalah ketika selesai memakan makanan di piring Pertama, maka diwajibkan untuk menambah lauk pauk lagi. Masyarakat beranggapan bahwa itu adalah bentuk penghormatan/menghargai makanan.

Tradisi telah dilakukan sejak dahulu dan masih terjaga kelestariannya hingga saat ini. Jika pembaca berkunjung ke tempat ini kemudian ada pesta makan, maka tentu pembaca akan dapat merasakan betapa menawannya tradisi "Makan Sorong" ini.

Tradisi Makan Sorong ini memiliki makna dan Falsafah yang sangat mendalam yakni tersirat nilai dan semangat gotong royong dan kekeluargaan/persaudaraan. Dengan nilai dan esensi yang tertera dalam tradisi makan Sorong ini merupakan hakikat dan hal yang selama ini menjadi flasafah hidup masyarakat Desa Wolwal.

Reporter: Umi