Ismail J Samau; Sistem Online PPDB Tidak Efektif -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Ismail J Samau; Sistem Online PPDB Tidak Efektif

Tuesday, July 3, 2018

Ismail J Samau, S,E.M,M


indikatoralor.com - Sekretaris Komisi V DPRD NTT, Ismail J Samau, S.E,M.M, Sebagaimana dikutip dari Post Kupang Senin, (3/07/2018) Menegaskan bahwa Penerapan sistem online dalam PPDB tahun 2018 ini tidak efektif.Dengan alasan tersebut, tentu perlu ada perda khusus untuk PPDB. Rabu, (4/07/2018)

DPRD NTT telah mengusulkan perlu adanya peraturan daerah (perda) soal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sebagai payung hukum dalam perumusan pedoman PPDB.

"Saya lagi mendesak agar lembaga ini buat perda, karena dengan perda ini sebagai rujukan untuk membuat pedoman PPDB. Kalau ada perda maka segala perdebatan menyangkut PPDB bisa diatasi karena ada regulasi yang mengatur secara lokal," kata Ismail.

"selama ini orang tua siswa mendaftar secara manual atau offline, namun ketika dihadapkan dengan PPDB online, tentu akan menjadi sedikit aneh. Lebih aneh lagi kalau rumah calon siswa hanya beberapa meter dari sekolah harus mendaftar online, kemudian ada penerapan zonasi."

"Kondisi ini buat orang tua calon siswa merasa aneh dan menjadi lucu, kenapa dekat-dekat sekolah tapi kok harus daftar online. Apalagi ada juga penerapan zonasi,yang tidak efektif dengan online," katanya." Lanjutnya.

Beliau menjelaskan kenapa sehingga NTT membutuhkan Perda dalam masalah ini,  karena jika ada perda tentu akan dimantapkan melalui kajian -kajian akademik yang disesuaikan dengan kondisi geografis. NTT belum sepenuhnya bisa menerapkan Peraturan menteri karena kondisi belum memungkinkan sehingga butuh beberapa waktu lagi untuk mempersiapkan diri menyambut kemajuan teknologi.