Hebat, Komunitas Oi Gagas Perpustakaan Jalanan -->
Cari Berita

Advertisement

INDIKATOR ALOR

https://youtu.be/cE2YjO-Dc-k

Hebat, Komunitas Oi Gagas Perpustakaan Jalanan

Sunday, July 1, 2018

Stand Baca Komunitas Oi Alor di Simpang empat Stadion Mini Kalabahi

Kota Kalabahi dalam 4 tahun berlalu menyimpan sebuah keunikan yang mungkin hal ini sangat jarang dijumpai di kota lain di NTT. Di kota ini, ada sebuah komunitas baca yang mendirikan Perpustakaan Gratis yaitu "Komunitas Baca Jalanan" mungkin jarang sekali dilirik namun sebenarnya hal ini sangat berpengaruh besar terhadap perkembangan SDM.  (11/06/2018)

Komunitas OI (Orang Indonesia) yang terdiri dari para pecinta Sang Maestro Musik Tanah Air "Iwan Fals". Gagasan perpustakaan Jalanan ini muncul dari Hasibun Asikin salahsatu Putra terbaik Pulau Ternate  yang menyelesaikan Gelar Doktornya di sakahsatu kampus di Jawa Barat.

Perpustakaan jalanan ini terletak di wilayah Pusat Kota. Tepatnya disamping Lapangan mini Kalabahi agar masyarakat yang lewat disini bisa ikut nimbrung menikmati Kopi khas Alor sembari membaca.
Degan fasilitas seadanya, Para anggota Komunitas OI kabupaten alor coba hidupkan kesadaran membaca Masyarakat di Alor,  

Sebagaimana yang di lansir oleh omynews.com, Ruslan Tambe, yang merupakan sekertaris Komunitas Orang Indonesia (OI) Kab Alor NTT yang sebelumnya hanya berjualan kaos bergambar penyanyi legendaris Iwan Fals di trotoar lapangam mini kalabahi, kini lebih leluasa mengapresiasikan diri dengan membuka sebuah lesehan dengan Nama Belum Ada Judul, yang menawarkan menu spesial kopi asli alor yang di produksi sendiri oleh komunitas OI Alor. selain itu dirinya juga menjual kaos yang bergambarkan penyanyi lagu Belum Ada Judul, bung Iwan Falas. Namun yang menarik dari lesehan ini adalah dirinya juga membuka Perpusatakaan Jalanan persis disamping lesehannya dengan tujuan mencerdaskan generasi alor melalui membaca.

Menurut Ruslan Tambe, "saat ditemui malam mengatakan, tujuan dari dibukanya lesehan belum ada judul ini sebenarnya banyak namun sebagai orang alor saya ingin menunjukan jati diri kita dimana kita memilik kekayaan alam yang sangat luar biasa dan salah satu nya adalah kopi".
"Dikatakan Ruslan Tambe, Kita memiliki kopi asli alor yang rasanya sangat nikmat dan mengoda namun kebanyakan kita lebih sering mengkonsumsi kopi dari luar dalam bentuk kemasan sacset.Oleh sebab itu lesehan belum ada judul ini saya buka agar kita bisa menikmati kopi asli yang tumbuh dan diolah oleh tangan-tangan trampil orang alor. Tutur Ruslan Tambe".